Selamat Datang Relawan Baru SAFEnet, Jagawana!

Bandung, awal Agustus 2023. Udara sejuk menyelimuti kota di bagian barat Pulau Jawa ini, seperti Bandung yang biasa. Tapi hari itu bukan hari yang biasa bagi Southeast Asia Freedom of Expression (SAFEnet), karena hari itu belasan relawan baru resmi menjadi bagian dari SAFEnet dan diharapkan akan bisa bekerja bersama membela hak-hak digital di Indonesia dan Asia Tenggara, minimal untuk enam bulan ke depan.

Sebanyak 14 orang dari berbagai daerah terpilih menjadi relawan baru setelah melewati beberapa tahapan seleksi. Mereka terpilih di antara 139 orang yang tertarik menjadi calon relawan SAFEnet sejak dibukanya pendaftaran calon relawan baru di bulan Juli 2023.

Keempatbelas orang ini datang dari latar belakang berbeda. Sebagian besar adalah mahasiswa/mahasiswi, beberapa di antaranya ada juga yang pekerja lepas, profesional, dan pegiat organisasi. Mereka datang dari berbagai kota di Indonesia, utamanya dari Sumatera dan Jawa.

Keempatbelas orang ini berkumpul di Bandung sebagai salah satu syarat sebelum resmi menjadi relawan baru SAFEnet. Kegiatan ini diberi nama Digital Rights Volunteer Empowerment (DRIVE). Tujuan utamanya adalah memberi bekal kepada calon relawan baru SAFEnet tentang apa itu SAFEnet, apa tujuannya, dan apa saja yang dikerjakan. Selain itu calon relawan baru juga diajak untuk mengetahui lebih dalam tentang hak-hak asasi manusia dan hak-hak digital yang dibela dan diperjuangkan oleh SAFEnet. Mereka juga diajak untuk mencari tahu lebih dalam tentang tata kelola internet di Indonesia yang menjadi salah satu fokus kerja dari SAFEnet.

Di kesempatan santai di malam hari, relawan baru dan semua anggota serta pengurus SAFEnet yang hadir hari itu berdiskusi dan bertukar pendapat dengan jaringan SAFEnet yang ada di Bandung. Tujuan utamanya adalah mencari tahu tentang kondisi kebebasan berekspresi dan gerakan sosial di Bandung dan sekitarnya.

Kegiatan ini diakhiri dengan pembuatan rencana kerja per divisi untuk enam bulan ke depan. Perencanaan kerja ini dipandu oleh penanggung jawab setiap divisi di SAFEnet. Harapannya dalam enam bulan ke depan, teman-teman relawan baru bisa berkontribusi pada kerja-kerja memperjuangkan dan membela hak digital di Indonesia dan Asia Tenggara.

Selamat datang relawan baru! Selamat bekerja memperjuangkan hak-hak digital di Indonesia dan Asia Tenggara.