Modul Pelatihan untuk Pelatih Keamanan Digital

\"\"
Modul Pelatihan untuk Pelatih Keamanan Digital diharapkan bisa jadi panduan bagi kelompok rentan dan berisiko untuk belajar keamanan digital. Foto Daeng Ipul.

Seiring dengan maraknya serangan digital terhadap kelompok rentan dan berisiko tinggi, peningkatan kapasitas terhadap kelompok ini pun semakin mendesak untuk dilakukan. Upaya ini dilakukan antara lain dengan cara menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya keamanan digital dalam kerja-kerja individu ataupun organisasi.

Tumbuhnya kesadaran itu kemudian diikuti tahapan membekali kelompok ini dengan keterampilan teknis keamanan. Terakhir, kesadaran dan keterampilan personal itu juga perlu dilengkapi dengan kebijakan dan panduan keamanan digital di tingkat organisasi.

Selama empat tahun terakhir, SAFEnet intens melaksanakan program peningkatan keamanan digital bagi kelompok rentan dan berisiko tinggi di Indonesia. Program itu termasuk pelatihan keamanan digital di berbagai daerah, menyasar organisasi masyarakat sipil, seperti organisasi pembela hak asasi manusia (HAM) dan demokrasi, organisasi lingkungan, aktivis perempuan dan anak, serta kelompok lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBTQ).

Namun, kami menyadari keterbatasan sumber daya manusia maupun dana dalam upaya-upaya itu, ketika pada saat yang sama, serangan digital terhadap kelompok rentan dan berisiko tinggi juga semakin meningkat. Oleh karena itu, sejalan dengan peningkatan kapasitas itu, kami juga berusaha memperluas jejaring sesama pegiat keamanan digital yang relatif masih terbatas di Indonesia. Sejauh ini proses tersebut sudah berjalan setelah terbentuk Tim Reaksi Cepat (TRACE), kolektif pegiat keamanan digital yang menangani insiden keamanan digital bagi kelompok rentan dan berisiko tinggi, melengkapi tim internal SAFEnet yang menyasar masyarakat umum lebih luas.

Kami ingin memperluas jejaring itu. Memperbanyak individu dan organisasi yang mumpuni dalam keamanan digital sekaligus terampil menangani insiden. Pelatihan untuk pelatih atau training of trainers (ToT) menjadi strategi lain agar kekuatan itu semakin bertambah dan meluas.

Oleh karena itu, SAFEnet menerbitkan Modul Pelatihan untuk Pelatih Keamanan Digital bagi Kelompok Rentan dan Berisiko Tinggi. Modul ini merupakan bagian dari strategi meningkatkan kapasitas keamanan digital bagi kelompok rentan dan berisiko tinggi di Indonesia.

Kami berharap, melalui modul ringkas ini, para kelompok rentan dan berisiko tinggi di Indonesia bisa belajar keamanan digital secara mandiri dan kemudian menjadi pelatih bagi komunitasnya. Dengan demikian kekuatan masyatakat sipil Indonesia akan semakin banyak dan luas untuk menghadapi maraknya serangan digital yang mengancam hak asasi manusia dan demokrasi di negeri ini.

Penggunaan Modul ini harus disertai dengan Panduan Keamanan Digital bagi Kelompok Rentan dan Berisiko Tinggi.

Kedua materi bisa langsung diunduh di pranala yang sudah disematkan dalam tulisan ini.