Gabung dengan SAFEnet di RightsCon 2023

Rights Con Costa Rica

Di SAFEnet, kami mengupayakan terwujudnya ruang digital yang menjunjung tinggi nilai-nilai hak asasi manusia untuk semua. Kami bekerja untuk mengubah kebijakan. Kami berjuang untuk keadilan. Kami meminta pertanggungjawaban dari negara dan korporasi. Kami menetapkan agenda untuk masa depan hak asasi manusia dan teknologi.

Setiap tahun RightsCon menyatukan para aktivis, pemimpin bisnis, pembuat kebijakan, ahli teknologi, dan jurnalis dari seluruh dunia untuk mengambil tindakan terhadap hak digital.

Kali ini RightsCon 2023 di San Jose, Kosta Rika (5-8 Juni 2023). Secara resmi, Rightscon 2023 dimulai hari ini dengan Acara Pembukaan pada pukul 16:00 waktu Kosta Rika atau setara dengan 05.00 WIB pada Selasa, 6 Juni 2023.



Sama seperti sebelum2nya, SAFEnet akan terlibat dalam RightsCon 2023. Meski tidak ada yang datang langsung ke Kosta Rika, SAFEnet terlibat dalam setidaknya 4 kegiatan berikut ini:

1. Diskusi Panel

6 Juni 2023 | 17:45 – 18:45 WIB

“Digital repression and resilience across Southeast Asia”

Di seluruh Asia Tenggara, ekspresi online dan privasi sedang diserang. Laporan Freedom on the Net 2022 dari Freedom House mendokumentasikan bagaimana pemerintah telah memperluas hukuman pidana untuk ucapan online, menerapkan alat pengawasan baru, dan memperketat regulasi atas platform teknologi. Terlepas dari pembatasan ini, para aktivis telah mencapai beberapa keberhasilan untuk hak asasi manusia secara online di Asia Tenggara melalui berbagai taktik. Dalam sesi ini, panelis dari masyarakat sipil Asia Tenggara – yang merupakan aktivis dan advokat yang berbasis di Indonesia, Malaysia, Myanmar, dan Thailand – akan berbagi perkembangan terkini terkait represi digital dan mengidentifikasi ancaman yang muncul dalam penyensoran dan pengawasan.

Panelis juga akan berbagi di mana mereka melihat peluang untuk melindungi hak asasi manusia secara online dengan lebih baik, mendukung pembela hak asasi manusia, dan melawan penindasan digital di negara mereka. Yaitu, mereka akan membahas dan berbagi keberhasilan Koalisi Regional ASEAN untuk #StopDigitalDictatorship, yang berupaya menyatukan para pemimpin komunitas ASEAN yang bekerja untuk hak digital di lapangan. (Panel co-host Manushya Foundation meluncurkan koalisi pada tahun 2020 setelah sesi online di RightsCon 2020; beberapa panelis adalah anggotanya.) Pembelajaran dari koalisi dapat diterapkan di Asia Tenggara dan konteks global lainnya.

Fasilitator, pakar Freedom House dan salah satu penulis Freedom on the Net 2022, akan memandu percakapan dengan mengambil dari penelitian laporan tersebut tentang tren global dalam kebebasan internet. Dengan menjembatani analisis yang berfokus pada negara, regional, dan global, sesi ini akan memberikan keragaman perspektif tentang ancaman dan peluang hak digital di seluruh Asia Tenggara.

Panelis:

• Kian Vesteinsson, Senior Research Analyst, Technology and Democracy, Freedom House

• Letitia Visan, Human Rights Research & Advocacy Officer, Manushya Foundation

• Oliver Spencer, Senior adviser, Free Expression Myanmar

• Nenden Arum, Head of the Freedom of Expression Division, Southeast Asia Freedom of Expression Network (SAFEnet)

• Kelly Koh, Program Officer, Sinar Project

Institusi tuan rumah: Freedom House | Ekspresi Bebas Myanmar (FEM) | Yayasan Manushya

https://rightscon.summit.tc/t/rightscon-costa-rica-2023/events/digital-repression-and-resilience-across-southeast-asia-sJ3x4eHsAm77o8CYcrnxCG

2. Dialog:

6 Juni 2023 | 10 – 11pm WIB

“Sharing practices in a global community of feminist helplines addressing gender-based violence online”

Kolektif dan jaringan feminis menciptakan saluran bantuan lokal dan regional untuk perempuan dan orang-orang LGTBQIA+ yang menghadapi kekerasan berbasis gender secara online. Dan meskipun mereka biasanya bekerja dengan sumber daya terbatas, inisiatif ini bertindak di garis depan untuk memitigasi ancaman dan serangan digital. Pada tahun 2021, banyak dari saluran bantuan feminis ini mulai terlibat dalam komunitas praktik global.

Selama sesi ini, anggota komunitas saluran bantuan feminis dari Afrika, Asia, Eropa, dan

Amerika Latin akan mempresentasikan inisiatif mereka dan mendiskusikan strategi

mereka untuk mengatasi kekerasan berbasis gender secara online dan tantangan

yang akan datang.



Panelis:


• Alexandra Haché,Community Building, Digital Defenders Partnership

• Leila Yahaya,Executive Director, One Love Sisters


• Mariel Domínguez Lara,Corresponsable de la línea de apoyo, Luchadoras

• Widayanti Arioka,Head of the Division of Equality and Inclusion, Awas KBGO –

SAFEnet

• Eva Cruells López,Coordinator, FemBloc


• Inés Binder, Communications and Knowledge Management Officer, Digital

Defenders Partnership

Institusi tuan rumah: Independent

Daftar di https://rightscon.summit.tc/t/rightscon-costa-rica-2023/events/sharing-practices-in-a-global-community-of-feminist-helplines-addressing-gender-based-violence-online-hasUPKUGwtkA5PrDR5Dgwy
3. Tech demo:
8 Juni 2023 | 8:45 – 9:45pm WIB

“Self-check your network from DPIs! (Beware of content moderation by infrastructure level)”
Moderator: Damar Juniarto, SAFEnet

Pembicara:
• Ronny Lantip, ngesec.id
• Corynne McSherry, Legal Director, Electronic Frontier Foundation

Mereka yang memiliki kekuasaan dan pengaruh mau tidak mau mengeksploitasi semua sistem sensor untuk menekan suara dan gagasan yang tidak populer. Salah satu tantangan utama jika mereka menekan orang melalui tingkat infrastruktur. Memang, pemblokiran infrastruktur adalah alat favorit pemerintah otoriter. Saat ini banyak negara yang menyensor internet sudah diketahui menggunakan deep packet filtering menggunakan Deep Packet Inspection (DPI).

Demo teknologi ini akan memperkenalkan “Pindai (berarti “memindai” dalam bahasa Inggris) — alat yang dapat digunakan untuk memeriksa apakah ada DPI yang diterapkan pada akses internet Anda oleh Penyedia Layanan Internet (ISP). Sambil memamerkan alat, demo teknologi ini juga memberikan analisis atas moderasi konten berdasarkan tingkat Infrastruktur.

Institusi tuan rumah: Southeast Asia Freedom of Expression Network (SAFEnet)

Daftar di : https://rightscon.summit.tc/t/rightscon-costa-rica-2023/events/censorship-circumvention-how-to-dodge-deep-packet-inspection-dpi-59f1TfhFtQLSWNdyYZoT7P

4. Roundtable:


8 Juni 2023, 9AM – 10AM CST | 11PM – 12AM SGT



“In Defense of Democracy and Open Internet: Alliance between Big Techs and Civil Society in APAC”

Moderators (virtual & on-site):


• Chenie Yoon (virtual), Deputy Head of Content Policy, Government Affairs and Public Policy, Google Asia Pacific


• Shahla Naimi (on-site), Global Human Rights Team, Government Affairs and Public Policy, Google



Panelis:


• Kyung Sin Park, Director, Open Net, South Korea


• Michael Caster, Asia Digital Program Manager, Article 19, Thailand (speaking on Viet Nam)

• Damar Juniarto, Executive Director, SAFEnet, Indonesia

• Nighat Dad, Executive Director, Digital Rights Foundation, Pakistan



Sesi ini ditujukan sebagai diskusi lanjutan setelah diskusi yang sukses di RightCon 2022, “Rights-friendly content regulation in the Asia-Pacific region” dan akan terus membahas tantangan regulasi konten. Tahun ini, kita akan melakukan diskusi mendalam dan terfokus tentang bagaimana membangun persekutuan dan aliansi untuk menemukan solusi praktis.


Maraknya konten berbahaya secara online seperti ujaran kebencian, mis/disinformasi, konten kekerasan dan ekstremis, telah menyebabkan semakin banyak pemerintah di kawasan ini mengambil tindakan berlebihan dengan membuat perantara bertanggung jawab atas konten tersebut dan bahkan memberlakukan kewajiban pidana yang berat, yang menciptakan tekanan tambahan pada kemampuan untuk mengekspresikan dan mengakses opini dan konten secara online.

Undang-undang semacam itu memberikan kekuasaan yang tidak semestinya ke tangan pemerintah untuk mengatur secara berlebihan dan, dalam beberapa kasus, menyensor konten tertentu ketika definisi ilegalitas konten bisa longgar dan tidak jelas – yang menyisakan ruang besar untuk keputusan dan penyalahgunaan yang sewenang-wenang. Undang-undang yang memaksakan waktu penyelesaian yang cepat untuk penghapusan juga menimbulkan masalah yang signifikan ketika pemerintah mencoba untuk menjadi penengah kebenaran dan mengontrol percakapan online orang-orang, karena peraturan ini menciptakan insentif negatif bagi perusahaan Internet untuk menghapus konten atas permintaan pemerintah tanpa tinjauan yang cukup tentang hak asasi manusia dan dampak hukumnya, karena takut akan sanksi yang berat. Selain itu, undang-undang yang mengizinkan akses untuk mengidentifikasi penulis posting tanpa surat perintah atau bebas dari perlindungan prosedural apa pun memungkinkan pemerintah untuk menghukum keras penulis posting pembangkang.

Institusi Tuan rumah: Google dan Open Net Korea

Daftar di: https://rightscon.summit.tc/t/rightscon-costa-rica-2023/events/in-defense-of-democracy-and-the-open-internet-alliances-between-big-tech-and-civil-society-in-the-asia-pacific-apac-region-qbZRfT4sE2LbQfSFJhVoJJ

—-

Silakan menyemarakkan sesi-sesi di RightsCon 2023. Jadwal selengkapnya bisa ditengok di https://rightscon.summit.tc/t/rightscon-costa-rica-2023